Instalasi AC Central Dan Tips Untuk Rumah Sejuk Di Bulan Ramadhan

Puasa memang terasa lebih berat dengan iklim tropis di indonesia. Apa lagi bulan puasa yang jatuh pada musim kemarau kali ini. Suasana yang panas dan lembab bisa membuat kamu ngerasa lebih nyaman menghabiskan waktu di dalam rumah yang ber-AC. Untuk instalasi ac central itu bagus untuk gedung mapupun perkantoran.

Tapi, kenyataannya gak semua rumah memiliki AC atau Air Conditioner. Terus apa ya solusi buat bikin rumah sejuk? Tenang, ada kok cara – cara di bawah ini yang bisa bikin rumah kamu awet sejuknya di bulan Ramadhan.

Tanaman Hijau
Dengan banyak memasang tanaman hijau, kamu bisa menambah suasana sejuk nan asri di rumah kamu. Ditambah lagi, jika kamu memadukan tanaman hijau kolam kecil di teras rumah. Gak usah khawatir, kamu bisa DIY atau Do it Yourself kolam kecil tersebut dengan manfaatin pot tanaman/bunga berukuran besar yang gak dipakai.

Kehadiran tanaman ini bisa mengurangi temperatur 3 – 6 derajat di rumah kamu lho! Rumah kamu pun terasa segar di tengah teriknya matahari siang hari. Utamakan ruangan yang paling banyak terkena sinar supaya lebih teduh.

Penataan Warna Ruangan
Pernah dengar kalau warna itu mengubah emosi dan mood kamu? Bener banget! Secara psikologi warna bisa dengan nyata mempengaruhi suasana ruangan di rumah kamu. Jadi, selama bulan puasa sebaikanya kamu mulai menata ulang dekorasi rumah kamu , tepatnya dengan warna putih dan biru.

Warna – warna ini bisa dengan ampuh menurunkan suasana gerah di siang hari. Warna putih pada tirai khususnya bisa memantulkan panas ruangan dari dalam rumah. Hindari juga pemakaian warna gelap yang bisa menyerap panas dan meningkatkan suhu ruangan.

Pemilihan Furnitur
Selama bulan puasa sebaikanya kamu mulai cermat memilah dan memindahkan letak furnitur kamu berdasarkan bahan dasarnya.

Jangan sampai meletakan furnitur yang terbuat dari batu – batuan, plester, atau aspal di dalam ruangan yang sering terkena matahari karena kemampuan mereka untuk menyerap panas.

Sering – sering juga menutup jendela dan tirai jendela yang menghadap langsung ke arah matahari (timur pada pagi hari dan barat di siang hari), Supaya panas tidak masuk ke dalam ruangan. Ini adalah cara efektif untuk menjaga panas tetap berada di luar rumah.

Gimana? Ternyata sejuk tuh ga harus pake AC loh..

Kalo menurut kamu artikel ini bermanfaat, share dong ke sosial media kamu. Siapa tau jadi bermanfaat juga untuk teman kamu di luar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *